Kamis, 09 Januari 2014

Informasi Pendaftaran Seleksi CPNS 2014

Informasi Pendaftaran Seleksi CPNS 2014 - Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari berbagai media, bahwasanya Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) akan menerapkan mekanisme pengisian lembar jawaban komputer (LJK) dan Computer Assisted Test (CAT) pada penerimaan CPNS 2014. Harapannya agar selesksi CPNS tahun depan lebih transparan.

Informasi pendaftaran cpns tahun 2014 telah banyak dinanti bagi banyak rakyat indonesia yang ingin berkarir sebagai PNS, dan tentunya ini memiliki persaingan yang cukup ketat, dengan demikian jika Anda ingin lulus dan mencapai impian yang telah lama Anda idamkan untuk menjadi seorang PNS, persiapkanlah diri Anda dengan sebaik-baiknya, yaitu mulai dari sekarang. Pelajari juga beberapa soal yang kami sediakan dalam bentuk Tes Online Sistem CAT maupun dalam bentuk File.
Informasi Pelaksanaan Pendaftaran Seleksi CPNS 2014


A. Persyaratan umum
1. Warga Negara Indonesia;
2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
7. Pelamar merupakan lulusan Sarjana, Diploma atau SMK/SMA sesuai formasi yang dilamar pada CPNS 2014


Untuk persyaratan kualifikasi pendidikan, Izajah dan nilai IPK ini berbeda-beda di masing-masing instansi. Setiap instansi menetapkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi yang mungkin berbeda dengan instansi lain. Misalnya instansi Kementrian Hukum dan HAM, berikut ini adalah contoh persyaratan kualifikasi pendidikan sebagai syarat pendaftaran CPNS Kemenkumham tahun 2013 yang lalu dan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan syarat pendaftaran CPNS Kemenkumham nanti:



* Untuk formasi SLTA Sederajat/SMU/SMA dengan Nilai Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar SLTA sederajat/SMU/SMA (termasuk paket C) rata-rata 7,0 (khusus untuk Papua nilai rata-rata 6,5)
* Untuk formasi Sarjana dengan IPK minimal 2,75 (khusus untuk Papua Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.50)
* Untuk formasi Tenaga Dokter Umum dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,60
* Contoh persyaratan IPK ini adalah contoh syarat pendaftaran CPNS 2013 di Kemenkeu. Untuk instansi lain biasanya ada perbedaan lebih tinggi atau lebih rendah tergantung instansi dan formasinya.

B. Persyaratan usia

Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2013 di Kemenkeu dan mungkin juga tidak berbeda jauh dengan persyaratan usia CPNS 2014 nanti:
* Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk SLTA Sederajat/SMU/SMA
* Minimal 18 tahun dan maksimal berusia 30 tahun untuk Sarjana S1
* Minimal 18 tahun dan maksimal berusia 32 tahun untuk Dokter Umum;

C. Persyaratan berkas

a. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris dan bermaterai Rp.6000,- ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta;
b. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir sesuai dengan Surat Edaran dari BKN;
c. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;
d. Foto copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja yang telah dilegalisir;
e. Foto copy Akta kelahiran / Kenal Lahir;
f. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari dokter RS. Pemerintah/ Puskesmas;
g. Surat Pernyataan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
h. Surat Pernyataan tidak bekerja dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
i. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran;
j. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
k. Pas photo berwarna dasar Biru berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian). 

Semua proses dilakukan secara nasional artinya penyelesaian final perihal jadwal penerimaan pendaftaran CPNS 2014 ini bukan untuk satu daerah saja, artinya baru akan diumumkan setelah semua daerah yang mengajukan formasi CPNS 2014 usulan mendapat verifikasi data yang valid, tinggal penentuan waktu yang tepat sesuai dengan keperluan pelaksanaan tes CPNS 2014 berdasarkan konsep awal yang dibuat. Untuk mengetahui info terbaru selanjutnya, maka silakan pantau situs ini atau anda bisa update melalui Fanpage Facebook Achsan Blog di samping. 

*update 06-01-2014 : Menurut kepala Informasi Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Herman Suyatman mengatakan, Rekrutmen CPNS untuk formasi tahun 2014 harus memenuhi 3 syarat utama yakni analisis beban kerja, analisis beban jabatan, dan fiskal daerah. "daerah yang belanja pegawainya kurang dari 50 % dari jumlah APBD dapat melakukan rekrutmen cpns, sebaliknya tidak dperkenankan".

Demikian apa yang bisa saya bagikan mengenai pengumuman lowongan cpns 2014, cpns 2014, ujian cpns, tes soal cpns, soal cpns 2014. Saya berharap artikel ini untuk dihare ke facebook, twitter & google plus supaya bisa memberikan info ke teman anda yang sendang membutuhkan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

KISAH SUKSES JADI PNS
Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesang singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2011 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 1 BEKASI TIMUR, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk DR.SULARDI,MM no tlp beliau: 0853-5253-3456 siapa tau beliau masi bisa membantu anda Terima kasih.

Posting Komentar

◄ Posting Baru
 

Best Patner

Copyright © 2012. Tes CPNS & BUMN Sistem CAT 2014 - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz